Unisba Mou Dengan Empat Perusahaan Tambang

Empat perusahaan tambang batubara di Kaltim melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Bandung (Unisba), Sabtu (11/02/2017), di Hotel Aston, Samarinda. Dari empat perusahaan yang melakukan MoU, tiga diantaranya merupakan perusahaan yang beroperasi di Kukar, yakni PT. Pancaran Surya Abadi (PSA) di Kecamatan Muara Badak, PT. Alam Jaya Bara Pratama (AJP) dan PT. Bara Kumala Sakti (BKS) di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Satu perusahaan lain adalah PT. Hanwha Mining Service Indonesia di Kabupaten Paser.

IMG-20170213-WA0003 MoU ini dilakukan antara Rektor Unisba Prof. Dr.dr. M.Thaufiq. S. Boesoirie, MS., Sp. THT-KL (K) , Dekan Fakultas Teknik, Dr.Ir. Nugraha, MM., Ketua Prodi Teknik Pertambangan Sri Widayati, ST., MT dengan perwakilan perusahaan yang merupakan alumni Unisba sendiri. Kerjasama ini berlangsung dalam acara temu alumni dan dinner yang digelar Ikatan Alumni Tambang Unisba Chapter Kaltim.

IMG-20170213-WA0000 Ini momentum yang baik bagi Unisba karena khusus tambang alumni sudah bagus di Kaltim. Saya khusus datang dari Bandung untuk bertemu sekigus melakukan MoU dengan perusahaan tambang yang dikelola maupun tempat bekerja alumni itu kata Rektor Unisba.

Dengan kerjasama Unisba dan empat perusahaan tambang ini akan mempermudah mahasiswa Unisba ketika ingin praktek kerja atau menyelesaikan tugas akhir (TA). Selain itu, perusahaan juga akan mendapat keuntungan, salah satunya dengan meminta bantuan untuk menyelesaikan atau memecahkan persoalan yang diahadapi perusahaan.

Kerjasama ini juga akan berpengaruh pada peningkatan akreditasi, khususnya akreditasi Fakultas dan Prodi Teknik Pertambangan. Saat ini, Fakultas Teknik terakreditas B, rencananya akreditasi itu kan ditingkatkan menjadi A.

Makanya memang kita menyiapkan produk yang langsung bekerja, perlu perbaikan kurikulum tapi terlepas akreditasi apapun Insya Allah produk kita bisa bersaing.

Untuk akreditasi, alumni di standar 3 dari 1-7 dan itu poinnya sampai 30, artinya alumni ini pengaruhnya sangat besar. Misalnya apa saja mereka menyumbang dalam bentuk materi atau ilmu seperti kuliah umum, itu mendukung point alumni. Makanya perlu didata dimana keberadaanya, waktu tunggu kerja setelah lulus dan lainnya,” kata Sri Widayati.

Bukan hanya alumni, kerjasama dengan coorporasi juga menjadi penilaian dalam akreditasi. Untuk kerjsama berada di standar 7. Semakin banyak perusahaan yang terjalin maka semakin besar pula penilaian yang diberikan.

Kerjasama itu ada di standar 7 yakni penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama. Ini moment (Temu Alumni dan MoU) diperlukan, kita coba presentasi dan semakin banyak kerjasama maka berpengaruh pada point akreditasi, “.Tambah Dekan Teknik, Nugraha.

Saat ini, khusus Prodi Teknik Pertambangan sudah menjalin MoU pada lebih dari 15 coorporasi, baik lokal  maupun asing.  “Itu menambahkan point akreditasi,” bebernya

IMG-20170213-WA0002 Terpisah, Ketua Ikatan Alumni Tambang Unisba Chapter Kukar, Himawan Nur Yahya mengatakan sebagai alumni Unisba sudah membuka diri untuk menerima mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir. Kami sudah terbuka sejak dua tahun tahun ini menerima adek-adek mahsiswa Unisba untuk menyelesaikan TA sehingga bisa lulus dan bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *