SIBIMA Konstruksi dan Kerjasama Antara Unisba dengan HIPTASI

Menurut Kepala Balai PTK (Penerapan Teknologi Konstruksi) Kementerian PUPR, Cakra Nagara, ST.,MT., ME. saat menjadi Keynote Speech dalam Sosialisasi dan Pendampingan Jarak Jauh Bidang Konstruksi (SIBIMA Konstruksi) Indonesia darurat insinyur. Jumlah insinyur yang knowledge-nya terisi dengan pengetahuan dasar yang baik semakin berkurang. Sebagai contoh, pada tahun 2016 Indonesia memiliki 8,1 juta tenaga konstruksi (insinyur), sementara di tahun 2018 jumlahnya menjadi 7,7 juta orang. Ini berarti mengalami penurunan hingga 400 ribu orang. Sedangkan dari jumlah 7,7 juta tersebut, insinyur yang memiliki sertifikasi hanya sekitar 500 ribu orang saja. Sehingga perlunya diadakan sosialisasi tentang keinsinyuran khususnya untuk mahasiswa tingkat akhir (calon alumni) untuk tahu mengenai keinsinyuran agar menjadi tenaga ahli yang profesional.

Bagi mahasiswa tingkat akhir (calon alumni), mereka akan mendapatkan sertifikat, dan sertifikat tersebut bisa disertakan ke dalam Surat Keterangan Pendampingan Ijasah (SKPI). SKPI ini merupakan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap moral seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak pengguna.

Penandatanganan kerjasama atau MoU antara Unisba dengan HIPTASI (Himpunan Profesi Tenaga Konstruksi Indonesia) yang digelar Fakultas Teknik Unisba di Aula Unisba, Selasa (13/2). Hadir dalam acara ini Ketua HIPTASI, Ir. Sindu Utomo dan Ketua Umum BKTI PII, yang diwakili Ir. Prihadi Waluyo,MM.,IPM. Acara dibuka Rektor Unisba, Prof.Dr. H. Edi Setiadi,SH.,MH.

Kerja sama dengan HIPTASI dimaksudkan sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan menyinergikan fungsi Unisba-HIPTASI agar saling mendukung dan saling membantu dalam menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi. MoU ini juga bertujuan untuk memberikan pelatihan kerja dan sertifikasi uji kompetensi kepada pekerja dan calon tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi dan klasifikasi yang dibutuhkan di bidang jasa konstruksi.