Studi Banding Fakultas Teknik Unisba

Kunjungan Ke Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM)
Diskusi antara Fakultas Teknik Unisba dengan Fakultas Teknik UPN Veteran Yogyakarta

Dalam Rangka penjajakan kerjasama dan studi banding, Fakultas Teknik (FT) Unisba melakukan kunjungan ke Fakultas Teknologi Mineral khususnya Program Studi Teknik Pertambangan UPN Yogyakarta, UII dan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta. Rombongan terdiri dari H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si. (Wakil Rektor III) sebagai ketua delegasi yang didampingi oleh Dr. Ir. Nugraha,MM., IPM. (Dekan Fakultas Teknik), Ir. Dewi Shofi M., MT (Wakil Dekan II), Damaludin, ST., MAB (Ketua Program Studi Teknik Industri), Sri Widayati (Ketua Program Studi Teknik Pertambangan), dan Jamhur., S.Ag (Kabag Kerjasama). Kunjungan kerja tersebut dilakukan selama dua hari, yakni 26 dan 27 Maret lalu.

Institusi pertama yang dikunjungi adalah UPN Yogyakarta. Rombongan Unisba  diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Mohamad Irhas Effendi, MS. Pertemuan ini diawali dengan diskusi bersama Fakultas Teknologi Mineral yang dipimpin oleh Wakil Dekan 1 bidang Akademik yaitu Dr. Suranto. Kegiatan dilanjutkan dengan penjajakan kerjasama dan berbagi pengalaman mengenai akreditasi A (unggul) yang diraih oleh Teknik Pertambangan UPN yang disampaikan oleh Ir. Wawong Dwi Ratminah, MT sebagai Koordinator Prodi Sarjana Teknik Pertambangan dan Dr. Barlian D.N, sebagai ketua prodi Magister Pertambangan.

Rombongan Unisba lalu melanjutkan perjalanan ke UII Yogyakarta, yang diterima oleh Wakil Rektor bidang Kerjasama, Kemahasiswaan, Keagamaan dan alumni, Ir. Agus Taufiq, M.Sc beserta jajarannya. Selain membahas kerjasama, baik Unisba maupun UII membahastreasure study yang dilakukan oleh UII, dan sharing keberhasilan program studi teknik Industri UII yang telah meraih akreditasi A (Unggul) mulaidari pengelolaan hingga visitasi yang disampaikan oleh ketua prodi Teknik Industri UII, Yuli Agusti Rochman, ST., M.Eng.

Masih dalam rangka penjajakan kerjasama, rombongan Warek III Unisba beserta tim kemudian mengunjungi Fakultas Teknik UGM. Di sini mereka bertemu jajaran pimpinan diantaranya,  Prof.Ir. Nizam., M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang  Keuangan Aset dan SDM, Selo, ST. MT., M.Sc, PhD., Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM dan Kerjasama), Dr. Sugeng Sapto Surjono, ST., MT., serta pengelola Prodi Program Studi Program Profesi Insinyur. Selain membahas kerjasama, mereka juga berbagi informasi mengenai Program Studi Program  Profesi Insinyur (PS-PPI) dari awal pendirian hingga terciptanya lulusan gelombang pertama. (Eki/Sari)