Teknik Pertambangan

Sejarah

Prodi Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung (UNISBA) didirikan pada bulan Januari tahun 1979 oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI), dengan nama Jurusan Tambang Rakyat dibawah naungan Fakultas Teknologi Pembangunan Masyarakat (FTPM) UNISBA.

Tahun 1985 Jurusan Tambang Rakyat berubah nama menjadi Jurusan Tambang sesuai dengan SK Rektor Unisba No. 173/D-1/1985, tanggal 07 Mei 1985 mendapatkan status terdaftar oleh keputusan Mendikbud RI No. 022/01/1985 dan berganti nama menjadi Teknik Pertambangan UNISBA. Pada Tanggal 2 Januari 1992 Prodi Teknik Pertambangan UNISBA mendapatkan status diakui oleh keputusan MENDIKBUD RI No: 015/0/1992.

Prodi Teknik Pertambangan UNISBA adalah program sarjana strata-1 (S1) mendapatkan peringkat akreditsi “B” dari BAN-PT dengan SK. No. 186/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/IX/2013. Pada tanggal 25 April Tahun 2015 Prodi Teknik Pertambangan UNISBA mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 (sistem manajemen kualitas).

VISI

  • Menjadi Prodi Teknik Pertambangan yang Unggul dan Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Keislaman dalam Menghasilkan Lulusan Yang Kompeten dan Mandiri.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan pertambangan yang bermuatan nilai-nilai keislaman dengan mengkombinasikan teori, praktik laboratorium dan lapangan untuk menghasilkan lulusan yang cakap dan berjiwa enterpreneur.
  2. Melaksanakan penelitian dengan menerapkan dan mengembangkan sains dan teknologi di bidang pertambangan yang berintegritas dan menjunjung tinggi norma islam.
  3. Melaksanakan pengabdian dengan mengimplementasikan sains dan teknologi pertambangan bagi kemaslahatan umat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, berintegritas, profesional, dan berwawasan kewirausahaan dalam menyelesaikan masalah di bidang teknik pertambangan dalam konteks pembangunan berkelanjutan serta memiliki komitmen untuk belajar sepanjang hayat berdasarkan nilai-nilai islam.
  2. Menghasilkan pengetahuan dan teknologi pertambangan melalui penelitian yang terintegrasi dengan pendidikan berdasarkan nilai-nilai islam.
  3. Memberikan pelayanan kepada masyarakat lokal maupun nasional melalui aktivitas edukatif, teknis, dan profesional berdasarkan nilai-nilai islam.
  4. Penguatan organisasi melalui implementasi sistem penjaminan mutu.
  5. Memanfaatkan fasilitas pendidikan dan penelitian secara optimal untuk menjamin mutu akademik.

Website Program Studi Teknik Pertambangan