Sambutan Dekan

Alhamdulillahilladi an’amana bi ni’mati al imana wal islam. Wash-shalaatu wassalaamu ‘alaa asyrafil-anbiyaai wal-mursaliin wa ‘alaa aalihii washahbihi ajma’iin. Segala puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam atas limpahan rahmat dan karuniaNya. Sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, atas Rahmat dan hidayah-Nya sehingga informasi singkat Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung ini bisa diterbitkan. Harapan kami semoga informasi singkat ini dapat menjadi media informasi kepada masyarakat tentang Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung..

Saat ini usia Fakultas Teknik telah memasuki usia yang ke 43 tahun. Memasuki perjalanan usia yang ke 43, perjalanan panjang dan berliku telah dilalui oleh Fakultas ini dalam upayanya ikut terlibat mentransformasikan pengetahuan di bidang rekayasa dan keteknikan guna mengabdikan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi bangsa, negara dan umat manusia.

Saat ini Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung memiliki tiga program studi dan  satu program stusi profesi (untuk  program S1 meliputi : Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Pertambangan, Program Studi Perencanaan Wilayah Kota/Planologi, Program Studi Program Profesi Keinsinyuran (PS-PPI)), yang mengelola program S1. Jumlah Dosen yang dimiliki saat ini berjumlah 70 orang dan mahasiwa berjumlah sekitar 1633 mahasiwa yang terdiri atas mahasiswa S1, untuk Program Studi Program Profesi Keinsinyuran (PS – PPI)  program baru  merupakan mandat dari Kemristekdikti, yang terpilih dari 40 PTN dan PTS seluruh Indonesia, rencananya dibuka tahun ini.

Dalam upaya tetap menjaga mutu pendidikan agar di lingkungan Fakultas Teknik, sejalan dengan visi dan misi Universitas Islam Bandung, Fakultas teknik secara terus-menerus meningkatkan mutu pendidikan melalui pelaksanaan audit mutu akademik internal dan eksternal yang ketat serta diakreditasi Nasional BAN PT. Selain melalui peningkatan mutu akademik, tata kelola manajemen semua program studi di lingkungan Fakultas Teknik (Program Studi Teknik Industri, Program Studi Pertambangan dan Program Studi Perencanaan Wilayah Kota) telah mendapatkan akreditasi ISOO 9001:2008. Semua ini adalah upaya Fakultas Teknik secara terus-menerus untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Demikian sepatah kata dari kami, semoga hubungan dengan masyarakat Indonesia (Industri, pemerintah pusat dan daerah, masyarakat umum) yang merupakan stakeholders Fakultas Teknik dapat terbina lebih meningkat dalam upaya bersama mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dekan Fakultas Teknik Unisba

Bandung, 23 Agustus 2016

A.n. Pimpinan Fakultas Teknik

Dr. Ir. Nugraha, MM

Dekan Masa Bakti 2016-2020